Tentang Surat Shaad



SURAT SHAAD
Surat Shaad adalah surat ke 38 terdiri dari 88 ayat, 732 kata, 399 huruf, 5 rubu’, digolongkan ke dalam golongan surat Makiyyah, dan diturukan setelah surat Al-Qamar.
Dinamai dengan Shaad karena surat ini dimulai dengan Shaad. Ada pula sebagian ulama berpendapat bahwa Shaad itu adalah awal dari nama Allah seperti “sodiqul wa’di”,”soniul masnuat” dll. Menulut sebagian lagi makna shaad itu adalah “sidqu Muhammad “yaitu perkataan yang diberitakan dari Allah SWT.
Dalam tafsir Munir dikatakan bahwa surat ini punya nama lain yaitu surat Daud. Mungkin karena dalam surat ini juga diterangkan kisah beberapa nabi dan salah satunya adalah kisah dati Nabi Daud yang diberi cobaan oleh Allah.
Dalam surat ini Allah bersumpah dengan Al qur’an, untuk menunjukan bahwa al-Qur’an itu suatu kitab yang agung dan bahwa siapa saja yang mengikutinya akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat dan untuk menunjukan bahwa al-Qur’an ini adalah mu’jizat Nabi Muhammad SAW yang menyatakan kebenarannya dan ketinggian akhlaknya.
Pokok-pokok isi surat ini adalah:
1)      Keimanan:
Dalil-dalil tentang kenabian Muhammad SAW yaitu bahwa dia mengetahui hal-hal yang hanya diketahui dengan jalan wahyu; sumpah iblis untuk menyesatkan manusia seluruhnya kecuali hamba-hamba Allah yang ikhlas; al-Qur’an diturunkan untuk menjadi pelajaran bagi jin dan manusia seluruhya.
2)      Kisah-kisah:
Kisah Nabi Daud, Nabi Sulaiman, dan Nabi Ayyub
3)      Dan lain-lain:
Kaum Musyrikin tercengang mendengar pengakuan Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa Allagh adalah Maha Esa. Rahasia yang terdengar pada kejadian alam;pertengkaran antara orang-orang yang sesat dan pengikut mereka di Neraka; ni’mat-ni’mat yang dilimpahkan kepada penduduk syurga dan azab bagi mereka yang dineraka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemah Lubabul Hadits (Matan Tanqihul Qaul) Bahasa Sunda (Pembukaan)

Makalah Objek Kajian Filsafat

Syair-syair-an (لو لا مربى ما عرفت ربى)